Present Continuous / Sekarang Seterusnya Dibuka untuk Publik Pada Januari 2022 di Museum MACAN

Museum MACAN akan membuka pameran Present Continuous / Sekarang Seterusnya secara fisik pada hari Sabtu, 15 Januari 2022. Diluncurkan pada bulan September 2021, Present Continuous / Sekarang Seterusnya adalah proyek kolaboratif yang diinisiasi dan diorganisasi oleh Museum MACAN, bekerja sama dengan lima organisasi seni kontemporer dari seluruh Indonesia: Biennale Jogja, Indeks, Jatiwangi art Factory, LOKA, and Makassar Biennale.

Museum MACAN memulai proyek Present Continuous / Sekarang Seterusnya’ di tahun 2021 sebagai tanggapan atas pandemi COVID-19 di Indonesia dan memulai sebuah wadah untuk berbagi informasi dan riset atas komunitas artistik dari seluruh penjuru negeri. Lima ko-kurator yang ditunjuk: Anwar Jimpe Rachman, Arie Syarifuddin, Elia Nurvista, Putra Hidayatullah, dan Rizki Lazuardi bersama tim Kuratorial Museum MACAN memulai sejumlah program wicara, diskusi, dan program daring yang menghubungkan publik dari berbagai kalangan dalam percakapan penting mengenai situasi terkini praktik seni kontemporer di Indonesia. Present Continuous / Sekarang Seterusnya telah membuka untaian percakapan yang kritis dan menghubungkan perupa dan komunitasnya dari berbagai penjuru negeri dengan membagikan perspektif dan praktik yang beragam. Panduan yang komprehensif mengenai pameran dan arsip dari program yang telah berlangsung dapat ditemukan di situs kami (www.museummacan.org/exhibition/present-continuous).

Pameran ini adalah puncak dari kolaborasi dan riset bersama dengan rekan institusi yang telah berlangsung hampir selama satu tahun. Melibatkan empat perupa dan dua kolektif perupa yang telah dipilih oleh lima ko-kurator, yaitu:

  • Arifa Safura & DJ Rencong (Banda Aceh)
  • Mira Rizki (Bandung)
  • Kolektif Udeido (Jayapura)
  • Muhlis Lugis (Makassar)
  • Unit Pelaksana Terrakota Daerah (Majalengka).

Pameran ini mengeksplorasi bagaimana perupa melakukan navigasi seputar memori kolektif, sejarah bunyi dan hubungannya dengan gagasan ‘lingkungan sekitar’; mitologi dan keanekaragaman hayati; serta industri ‘kreatif’ yang dipimpin perupa, yang menghasilkan perubahan kebijakan secara nyata melalui pembangunan ekonomi mikro.

Muhlis Lugis, perupa, berkata: “Ide membawa cerita rakyat Sangiang Serri dan Meong Mpallo Karallae ke Present Continuous / Sekarang Seterusnya lahir dari pengalaman masa kecil saya ketika hidup dengan nenek. Sebagai orang Bugis, kami harus melalui ritual khusus sebelum makan, sesuatu yang saya tidak alami ketika tinggal dengan orang tua. Saya merasa ritual tradisional tersebut penting dan memiliki makna yang spesial. Melalui karya ini, saya ingin publik, khususnya mereka yang berasal dari luar komunitas Bugis untuk lebih memahami cerita rakyat Sangiang Serri dan Meong Mpallo Karallae, serta nilai-nilainya bagi kehidupan kita.”

Pameran Present Continuous / Sekarang Seterusnya akan dibuka untuk publik di Museum MACAN mulai dari tanggal 15 Januari–15 Mei 2022 dengan protokol kesehatan dan keamanan yang ketat.

Aaron Seeto, Direktur, Museum MACAN and Direktur Proyek Present Continuous / Sekarang Seterusnya berkata: “Pandemi COVID-19 membuat kita membayangkan cara-cara baru untuk menghubungkan seniman dengan publik, dan mendorong pemikiran yang berbeda terhadap riset dan kolaborasi. Selama dua tahun terakhir, melalui percakapan dengan kolega-kolega kami di Indonesia dan seluruh dunia, kami berbagi cerita dan gagasan tentang cara bekerja dan bagaimana agar dapat terus bergerak maju. Kami menyadari bahwa kolaborasi organisasional, di mana kami mempertemukan kurator-kurator yang bekerja dari lingkungan dan kota mereka masing-masing, dapat menjadi cara untuk melampaui keterbatasan struktural ini. Inilah yang membawa kami kepada Present Continuous / Sekarang Seterusnya.

Ketidakpastian yang timbul dari pandemi COVID-19 memberikan tantangan tersendiri bagi perupa dan kurator dalam menampilkan karyanya kepada publik. Dengan pemikiran ini, seiring dengan pembatasan ruang publik yang lebih longgar, komponen pameran dari ‘Present Continuous / Sekarang Seterusnya’ dirancang menjadi tahap akhir dari proyek ini. Sembari menapaki awal tahun 2022, kami bersenang hati karena akhirnya dapat mempersembahkan pameran ‘Present Continuous / Sekarang Seterusnya’ kepada masyarakat.”Present Continuous / Sekarang Seterusnya adalah sebuah inisiatif oleh Museum MACAN dan didukung oleh Project Eleven (Melbourne, Australia) and Julian & Cahaya Juwadi. Dengan dukungan dukungan oleh partner program virtual museum, Festivo dan sponsor pameran museum, LG Electronics.

Bagikan:
Pin Share

Tinggalkan Balasan