Sunset Kayak di Pantai

Bagaimana mengabadikan momen matahari terbenam (sunset) bila bukan dari pantai? Bagaimana membuat foto-foto itu tetap elok dipandang tanpa perlu ke daerah Pantai Losari (karena matahari terbenam yang konon salah satu yang tercantik di dunia itu terhalang pembangunan reklamasi)?

Tanahindie & Makassar Biennale, bekerja sama dengan sejumlah komunitas serta lembaga menyelenggarakan lomba foto “Sunset Kayak di Pantai”, yang terbuka untuk umum dan segala lapisan umur selama sebulan penuh, mulai 1 Juni hingga 30 Juni 2021.

Lomba ini, yang mengundang partisipasi terbuka warga, sementara, menyediakan hadiah total senilai Rp 7,5 juta.

“Ya memang, sampai hari ini berdasarkan hitungan tim kami, hadiah lomba ini baru mencapai senilai Rp 7,5 juta karena masih sangat mungkin akan bertambah. Soalnya kami membuka kesempatan pihak-pihak seperti komunitas yang tertarik jadi sponsor dan urunan hadiah untuk peserta yang menang,” jelas Direktur Makassar Biennale, Anwar Jimpe Rachman.

Foto-foto pemenang akan diikutkan dalam pameran Makassar Biennale 2021. Ajang seni rupa internasional dua tahunan ini rencananya digelar pada September-Oktober 2021. Menurut Jimpe, lomba ini dibuka untuk semua kalangan dan siapapun (kecuali tim kerja program ini) lantaran menuntut bukan cuma mata fotografer, tapi juga kekuatan teks (caption) dan sudut pandang warga biasa tentang pemandangan matahari terbenam yang bukan dari pantai.

“Kalau perlu, seluruh dunia ikut! Tapi catatannya satu: harus foto senja di Kota Makassar, tapi bukan di Pantai Losari!” seloroh Jimpe, tertawa.

Karena itu, tambahnya, lomba ini membebaskan perangkat yang dipakai, mulai kamera mirrorless, DSLR, sampai kamera smartphone pun oke.

Bagi komunitas, lembaga, atau individu yang ingin urunan hadiah atau info lebih lanjut kegiatan ini, silakan kontak narahubung: Wilda (0823.4942.0548) atau email: sekretariat@makassarbiennale.org.[]

Syarat-syarat lomba yang juga menjadi salah satu program pra-event menuju Makassar Biennale 2021 ini, yakni:

  1. Foto sunset di wilayah Makassar yang diambil bukan di wilayah pesisir.
  2. Diunggah/upload di Instagram dan atau Facebook, menggunakan hastag/tagar #sunsetkayakdipantai #wargabahagia #sunsetmudimanasih #sunsetmakassar #tanahindieproject #MenujuMB2021 #makassarbiennale #maritim #artefact.id
  3. Tidak ada batasan jumlah foto yang diunggah. Semakin banyak, semakin besar peluang menang.
  4. Namun untuk menang, foto bagus saja tidak cukup. Anda harus menyertakan caption lucu, unik, menggelitik, atau nakal yang juga harus berisi: [a] lokasi pengambilan (lebih baik tagging lokasi), [b] cara dan pakai apa mengambil, dll.
  5. Lomba ini membebaskan perangkat yang dipakai (kamera mirrorless, DSLR, sampai kamera smartphone pun oke!)
  6. Tidak ada ketentuan tahun pengambilan foto (boleh arsip keluarga).
  7. File foto berukuran min. 2 MB (untuk kepentingan pameran Makassar Biennale 2021 nanti).
  8. Foto harus diunggah mulai 1 Juni hingga 31 Juni 2020.
  9. Setiap foto yang diikutkan lomba, harus diunggah dengan menge-tag atau mention 5 (lima) teman dan akun @makassarbiennale, @tanaindie, @artefact.id, dan @sunsetkayakdipantai

Bagikan:

Tinggalkan Balasan