Program Magang Makassar Biennale 2021

Magang adalah program belajar yang dibuka untuk mahasiswa dan warga secara umum untuk ikut bergabung menjadi tim kerja Makassar Biennale 2021. Progam ini akan berlangsung secara offline. Seluruh peserta magang yang terpilih akan menjalani lokakarya (workshop) selama beberapa hari guna mengenali lebih jauh segala hal yang berhubungan dengan konsep, cara bekerja dan berkenalan dengan seluruh tim kerja MB. Para peserta yang terpilih juga akan menjalani masa latihan dan curah gagas terkait dengan posisi yang dilamar.

Yang Perlu diketahui tentang Program Magang (dan cara mendaftar)

Siapa saja yang dapat mengikuti Magang ini?

Terbuka untuk mahasiswa dan umum berusia 17-27 tahun. Kesempatan ini juga terbuka untuk siapa saja, tanpa kualifikasi, seperti dari latar belakang pendidikan formal seni atau seniman. Kami menerima kalian yang mau dan berkomitmen untuk belajar bersama dalam program ini.

Bisakah saya mendaftar jika tinggal di luar Kota Makassar? 

Iya, tentu saja. Tetapi dengan tetap mematuhi protokol covid-19, sebagian besar agenda acara akan berlangsung secara offline, sehingga selama periode magang, harus tinggal di Makassar. Manajemen menyediakan konsumsi dan akomodasi yang berkaitan dengan agenda  program. Sayangnya, tidak ada gaji atau dukungan finansial untuk para pemagang. Jadi, untuk teman-teman di luar Makassar, harus membiayai akomodasinaya sendiri saat datang dan pulang ke kotanya.

Apakah saya harus membayar untuk bisa diterima sebagai pemagang?

Tentu saja tidak. Gratis! Tapi, kamu harus bersedia dan berkomitmen untuk terlibat secara penuh selama program berlangsung.

Saya mau daftar sebagai penulis (misalnya) tapi saya belum pernah punya pengalaman menulis tentang seni rupa, apakah saya berkemungkinan diterima?

Tentu saja berkemungkinan. Kami akan menerimamu dengan menjadikan alasanmu mendaftar sebagai salah satu pertimbangan utama.  Jadi, walaupun kamu belum punya pengalaman sebelumnya, tapi minimal pernah menulis, kamu akan dipertimbangkan. Ini juga karena nanti akan ada sesi lokakarya belajar sesuai bidang yang kamu pilih agar ketika acara MB berlangsung, kamu sudah bisa mempraktikannya dalam bentuk tulisan.

Bagimana cara saya mendaftar?

Kamu dapat mendaftarkan diri secara online paling lambat 5  Juli 2021 melalui link berikut: https://bit.ly/3iHCgRh

Sekilas Tentang Yayasan Makassar Biennale

Yayasan Makassar Biennale dibentuk pada tahun 2016 di Makassar, Indonesia, oleh praktisi dan akademisi yang bekerja di seni rupa demi membuka dialog antara seni rupa dengan dimensi kehidupan lainnya.

Makassar Biennale adalah ajang seni rupa internasional dua tahunan yang digelar dengan tema abadi “Maritim” sebagai forum dan kerja-kerja kebudayaan, melaksanakan serangkai program yang bertujuan mengembangkan wacana dengan menggelar pameran, seminar/diskusi/sejenisnya, hingga publikasi; sekaligus sebagai ruang pendidikan dalam arti seluas-luasnya bagi kalangan muda; serta wadah kolaborasi bagi individu dan komunitas jaringan MB.

Dengan tetap berfokus pada bertalian ekspresi lanskap maritim, Makassar Biennale 2021 menetapkan “Sekapur Sirih” sebagai subtema mendampingi tema abadi maritim. Sekapur Sirih adalah istilah generik sajian pembuka saat menjamu tamu dalam kebudayaan nusantara. Sebutan ini juga diharapkan menjadi pintu masuk para pelaku seni menjelajahi simbol kekayaan dunia pengobatan Indonesia yang ditumbuhkan oleh alam untuk manusia (fitofarmaka). Ini sekaligus sebagai titik berangkat yang berkaitan dengan kemungkinan-kemungkinannya diekspresikan dalam dwimatra trimatra, hingga tingkat yang lebih performatif.

Kami menantikan kesempatan belajar bersama kamu di MB 2021!

Jika ada pertanyaan lain, jangan sungkan untuk langsung menghubungi narahubung: Avi-(0856-3633-017) bisa juga langsung email ke makassarbiennale@gmail.com

Baca juga Newsletter Wallacea Edisi 1 untuk mengenal lebih menyeluruh Yayasan Makassar Biennale: https://drive.google.com/file/d/1QVAJSWsnZhP6khJcy8aM4aPLSFyhL7x0/view

Bagikan:

Tinggalkan Balasan