Bunyi Kota: 100 Tahun Musik Populer Makassar

“Cerita Tentang Bebunyian yang Membentuk Sebuah Kota”

Film dokumenter ini menceritakan sejarah perkembangan sebuah kota, dengan menelusurinya lewat pertumbuhan musik populernya dalam rentangan seratus tahun. Film ini juga sebagai satu narasi perihal bebunyian yang merayap atau mendentum di relung-relung kota yang kemudian dikenal dengan nama Makassar.


Karya visual ini merupakan hasil riset Anwar ‘Jimpe’ Rachman sejak akhir tahun 2018. Jimpe menelusuri garis besar sejarah musik populer Makassar melalui musik-musik yang diperkenalkan dan disajikan dalam berbagai bentuk mulai piringan hitam, kaset pita, cakram padat (compact disc), dari berbagai sumber di saluran online, maupun lewat pemanggungan, juga yang tercatat di berbagai arsip (yang tersebar di Makassar, Malang, Surabaya, Solo, Bandung, dan Jakarta) dan terbitan-terbitan.

Karya ini terwujud atas kerja sama Tanahindie, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, dan Rock In Celebes.

Sutradara/Director 
Anwar Jimpe Rachman

Produksi/Production
Tanahindie

Atas Dukungan/Supported by
Kemdikbud RI
Rock In Celebes

Tahun/Year 
2019

Tanahindie membuka kesempatan bagi siapa saja yang ingin melakukan pemutaran dan mendiskusikan film ini bersama. Untuk informasi dan pertanyaan, narahubung: Wilda Yanti Salam (082-347-625-127) / Rafsanjani (085-397-041-494)

Bagikan:

Tinggalkan Balasan